wisata ijen

Lakukan dan Siapkan 5 Tips Ke Kawah Ijen

Posted on

Berwisata ke tempat yang masih baru dibutuhkan persiapan yang cukup matang, jangan sampai saat kita sudah sampai ke tempat tujuan bukan kesenangan yang tapi malah kita dapatkan kesusahan. Apalagi jika kita bertujuan untuk berwisata ke Gunung. Selain fisik kita juga harus mempersiapkan perlengkapan pendukung. Berikut adalah 5 tips ke kawah ijen yang perlu kamu siapkan:

Persiapkan fisik dengan latihan fisik

Untuk mencapai ke Puncak Kawah Ijen tidaklah hal mudah kamu diharuskan untuk jalan kaki sejauh 3 km. Waktu tempuh rata-rata pendaki adalah 2 jam untuk naik. Walaupun kelihatan dekat dan mudah namun kita perlu mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Apalagi bagi anda yang sangat jarang berolahraga atau pendaki pemula. Sebelum kamu mulai pendakian sebaiknya latihan dulu jalan sekitar rumah kamu seminggu sebelum melakukan pendakian.

Beberapa hari sebelum berangakat disarankan untuk berolahraga ringan. Jalan santai atau lari-lari kecil untuk meregangkan otot. Karena jika anda siap fisik maka perjalanan naik ke puncak akan terasa menyenangkan dan tidak terasa berat.

Jangan lupa bawa peralatan yang dibutuhkan

Selanjutnya dari 5 Tips Ke Kawah Ijen yaitu siapkan perlatan yang dibutuhkan. Peralatan disini tergantung kebutuhan kamu demi keselamatan kamu. Jangan bawa peralatan yang dirasa tidak perlu. Beberapa perlatan yang wajib dibawa yaitu :

Masker

Masker disini jika bisa bawalah masker yang bagus. Sejenis masker N95 atau masker respirator, masker ini sangat bermanfaat untuk tetap menjaga stabilnya pernapasan kamu karena akan menghadi kondisi udara yang tidak biasa.

Jangan Lupa Senter

Alat satu ini sepele namun sangat penting. Pendakian Kawah Ijen yang dimulai malam hari membuat jalan menjadi sangat gelap. Sebaiknya jangan menggunakan senter dari smartphone kamu, karena sayang kalo terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada smartphone kamu.

Bawa Snack

Ini hal penting juga, di atas puncak kawah tidak ada warung atau restoran. Maka untuk mengganjal perut anda setelah pendakian yang berat makan bawalah sncak sncak ringan. Minimal roti atau sesuatu yang manis untuk menambah kalori. Kalo saya menyarankan untuk membawa pisang karena pisang baik untuk ketahanan tubuh kamu dan minimal bisa menunda rasa lapar kamu, kadungan energi yang diserap dari pisang juga banyak.

Pakailah jasa guide lokal

Jika anda masih pemula dan belum pernah melakukan pendakian, maka pakailah jasa guide lokal yang ada disana. Karena selain bisa membantu anda selama pendakian, Guide Lokal ini juga bisa menemani anda ketika mendaki. Salah satu yang bisa membuat anda gagal ketika mendaki adalah lemahnya niat karena terlalu capek. Dan ini peran guide untuk memotivasi anda ketika anda merasa tidak mampu.

Selain itu anda akan dibantu menemukan spot foto yang sepi dari orang dan tips ke kawah ijen yang jarang diketahui orang lain. Anda akan lebih merasa dekat dengan lokasi yang anda kunjungi ketika anda bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Atau jika anda tidak ingit bingung dengan segala persiapan di atas, pakailah jasa tour kawah ijen yang kredibel.

tips wisata ijen

Siapkan uang secukupnya

Jangan bawa uang dalam jumlah besar ketika berwisata. Atau pisah-pisahkan uang anda, jangan taruh dalam satu tempat. Karena anda di sini akan bertemu bermacam-macam orang dari berbagai latar belakang. Untuk berjaga-jaga tanpa bermaksud buruk maka simpanlah uang anda di tempat aman. Tidak lucu jika anda kehilangan uang dan tidak punya cadangan ketika pulang.

Pipis dulu

Last but not least, pipis dan PUP lah dulu sebelum naik ke Kawah Ijen. Tips ke Kawah Ijen satu ini konyol namun penting. Karena di atas anda tidak akan menemukan toilet umum. Adanya toilet alam. Toilet terbuka yang mungkin hanya laki-laki saja yang bisa melakukannya.

Beberapa tips ke kawah ijen di atas semoga bisa membantu anda berwisata dengan nyaman. Walau tidak lengkap namun cukup akurat dan penting. Yang terpenting adalah Leave nothing but footprint, take nothing but pictures. Selamat jalan-jalan dan berwisata, kalo main ke kawah ijen jangan lupa tetap jaga kebersihan ya. Karena masih banyak yang belum kesampaian ke sana.