Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang, Nomor 7 Cespleng!

Siapa nih Smart Readers yang mengalami rambutnya kering, kusam, kasar dan bercabang? Arekngalam akan berbagi bagaimana cara mengatasi rambut kering dan bercabang hanya untuk Anda.

Solusi paling umum sih dengan cara menemukan shampo untuk rambut kering ya. Namun sebelum kita cari tahu tips lainnya, yuk kenali dulu apa sih penyebab dari rambut kering, kusam, bercabang dan kasar?

Sebenarnya ada banyak faktor, antara lain panas yang berlebihan, baik itu panas matahari ataupun panas dari hair dryer. Lalu rambut yang sering terpapar bahan kimia, seperti bleaching dan pewarna, juga lebih sering menjadi kering dan kasar.

Fyi, setiap helai rambut tertutup oleh lapisan luar pelindung yang tumpang tindih. Sel yang bentuknya mirip sirap ini disebut dengan kutikula.

Rambut yang sehat memiliki kutikula rata. Kutikula mampu melindungi lapisan dalam dan membantu rambut mempertahankan kelembapan.

Selain itu, kutikula yang bersisik halus mampu memantulkan cahaya, sehingga menciptakan tampilan berkilau. Rambut jadi terasa lembut dan halus saat disentuh.

Beda cerita ketika kutikula rusak. Helai rambut menjadi lebih keropos, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menahan kelembapan. Akibatnya, rambut terlihat kusam dan terasa kasar. Tak hanya itu rambut jadi lemah, kering, rentan patah dan bercabang.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat merusak lapisan kutikula rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan bercabang:

Menata rambut dengan pemanas yang terlalu sering, seperti pengeringan dan penggunaan rol panas, setrika datar, dan setrika pengeriting.

  • Pemrosesan kimia, seperti pewarna rambut dan bleaching.
  • Paparan sinar matahari dan angin.
  • Bahan kimia pada kolam renang.
  • Udara kering dari pemanas ruangan.
  • Terlalu sering dikuncir dan jarang digerai.
  • Penuaan yang menyebabkan pergeseran hormon.

7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Memperbaiki rambut kering dan bercabang memerlukan rencana dua langkah. Pertama, mengurangi faktor eksternal yang merusak kutikula. Kedua, memperkuat rambut dari dalam ke luar sehingga dapat mempertahankan kelembapan yang dibutuhkannya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang bisa dicoba:

1. Gunakan Air Hangat Saat Keramas

Saat keramas, gunakan air hangat. Ingat air hangat ya, bukan air panas. Karena air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya lebih kering.

2. Menggunakan Kondisioner dengan Cara yang Tepat

Gunakan kondisioner harian setiap kali Smart Readers keramas. Sisakan sedikit kondisioner di ujungnya saat Anda membilas. Rambut akan terasa halus setelahnya.

Sekali seminggu, gunakan deep conditioner. Setelah keramas, peras air yang masih berada di dalam rambut dengan lembut. Kemudian, oleskan kondisioner ke bagian dalam, aplikasikan sebagian besar di bagian tengah dan ujung.

Bungkus kepala Anda dengan topi mandi atau bungkus plastik; hal ini untuk memerangkap panas tubuh, menghangatkan kondisioner dan membantunya menembus rambut dengan lebih baik. Diamkan hingga 30 menit sebelum dibilas.

3. Gunakan Sisir Bergerigi Lebar

Pisahkan rambut basah dengan sisir bergigi lebar untuk mengurangi ketegangan pada batang rambut. Hal ini membantu mencegah kerusakan.

Selain itu sikat rambut kering dengan sangat lembut, menggunakan sisir berbulu lembut. Cara ini membantu mendistribusikan minyak kulit kepala alami dari akar sampai ke ujung, di mana rambut cenderung lebih kering.

4. Kurangi Penggunaan Pemanas

Batasi penggunaan hair dryer, catokan ataupun pengeriting rambut. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya sampai sedikit lembap sebelum mengeringkannya.

Atur pengering dengan suhu paling rendah. Jangan lupa pastikan untuk menggunakannya beberapa inci dari rambut Anda.

Gunakan sambungan nosel untuk mengarahkan aliran udara ke arah bawah. Hal ini berfungsi untuk menghaluskan kutikula dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

5. Lakukan Perawatan Sebelum Berenang

Sebelum berenang di kolam, basahi rambut dengan air keran. Air mengisi porositas rambut, sehingga kecil kemungkinannya untuk menyerap bahan kimia dalam air kolam. Bilas rambut dengan air segar sesegera mungkin setelah berenang.

6. Memangkas Rambut

Sering-seringlah memangkas rambut, kira-kira setiap enam minggu. Memotong ujung yang rusak mencegah pembelahan dan kerusakan lebih lanjut pada lapisan kutikula.

Saat kutikula rusak, helai rambut menjadi lebih keropos. Hal ini mengurangi kemampuannya untuk menahan kelembapan. Memangkas rambut mencegah hal yang tak diinginkan tersebut.

7. Memilih Sampo Khusus Rambut Kering

At last but not least, pilihlah kondisioner dan shampo untuk rambut kering. Sampo dan kondisioner yang diperuntukkan untuk merawat rambut kering mengandung bahan untuk menghaluskan kutikula, menguatkan helaian rambut dan menambah kelembapan pada lapisan dalam rambut. Alhasil rambut menjadi lebih sehat dari dalam ke luar.

shampo untuk rambut kering

Nah, arekngalam percaya kalau Dove adalah sampo yang bisa mengatasi rambut kering dan bercabang. Berdasarkan pengalaman pribadi, setelah rutin menggunakan Dove, rambut sekarang jadi lebih mudah ditata, berkemilau dan lembut.

So, sekarang Smart Readers sudah tahu kan cara mengatasi rambut kering dan bercabang? Jangan worry lagi ya….

Leave a Comment