Es Krim Toko Oen, Kuliner Malang Tempo Dulu

Jika temans adalah salah satu penikmat kuliner Malang, tetapi nggak mau menu yang biasa-biasa aja, maka berkunjung ke Es Krim Toko Oen adalah pilihan tepat. Di sini kalian nggak hanya akan disuguhi es krim sebagai menu andalan, tetapi juga pesona sejarah yang terwujud dalam tempat dan bangunannya.

Apa Itu Toko Oen?

Toko legendaris ini sudah ada sejak 1930. Ya, sejak Belanda masih bercokol di negara kita, Toko Oen (baca: Toko Un) telah berdiri dengan gagah. Begitu kita menjejakkan kaki ke toko ini, langsung akan disambut dengan arsitektur unik khas zaman dulu.

Bahkan untuk memberikan suasana yang sama sejak awal berdirinya, pemilik toko sengaja tidak mengubah interior dan tatanan toko ini sedikit pun. Sejak tahun 1990an, bangunan toko ini sesuai dengan keputusan walikota telah dianggap sebagai cagar budaya. Sehingga kesan unik dan antiknya makin terasa.

Kini pengunjung Toko Oen semakin meningkat. Menjadi salah satu destinasi wisata dan foto-foto yang menarik hati bagi millennial. Apalagi jika mengamati betapa segala hal yang ada di dalam gedung ini, baik itu pintu, ubin, kursi, jendela, meja serta perabot lainnya, akan membawa kita seperti flashback ke tahun 1930an.

Lokasinya yang strategis di dekat alun-alun kota Malang membuat siapa saja tak ingin melewatkan amsuk ke dalamnya. Lalu, seperti apakah menu yang ada di Es Krim Toko Oen? Penasaran ya?

Menu Es Krim Toko Oen Apa Saja Ya?

Meski terkenal dengan es krimnya, bukan berarti menu yang ada di Toko Oen hanya ada minuman dingin ngangenin itu aja ya. Masih ada beragam menu makanan dan minuman istimewa lainnya.

Hanya saja es krim dari Toko Oen ini memang paling populer dan selalu jadi incaran. Kenapa begitu? Pertama, pembuatan es krimnya masih manual. Kedua, dibuat tanpa bahan pengawet. Ketiga, komposisi resepnya masih sama sejak 1930.

Sst, sampai sekarang nih resepnya masih dirahasiakan. Jadi jangan harap ya temans bakal dapat bocoran resep es krim jadul khas Toko Oen di sini.

kuliner malang legendaris

Adapun varian es krim yang tersedia di Toko Oen antara lain:

  • Sparkling Delight (es krim buah cocktail),
  • Tutti Fruity Cassata (buah-buahan),
  • Morkus (cita rasa kopi), dll.

Bagaimana dengan harganya? Jangan khawatir, masih cukup aman di kantong kok. Es krim jadul di Toko Oen bisa dibeli mulai dari Rp25.000,-. Dengan rasa yang tiada dua dan kualitas yang tetap sama sejak 1930, tentu saja harga ini masih sangat murah kan?

Untuk menemani dinginnya es krim yang menggoyang lidah, jangan lupa untuk memesan menu makanan yang kalian suka. Dari beragam kue seperti sus, lemper, lumpia, risoles, hingga makanan besar seperti nasi goreng, steak lidah, chicken salad, sandwich, nasi goreng, Chinese Food, sup buntut dan lainnya.

Bagi pemeluk agama Islam perlu diketahui bahwa Toko Oen menjajakan menu yang bisa dimakan oleh muslim. Namun juga ada beberapa menu non halal yang tidak bisa disajikan untuk muslim. Oleh karenanya, bagi temans pemeluk agama Islam, sebelum memesan menu bisa bertanya dulu ya agar tidak salah pilih jenis makanan.

Toko Oen bisa dikunjungi setiap hari, dari jam 08.00 – 21.30. Saran dari mimin inimalang.com, jika ingin menikmati eksotisme bangunan ini, jangan datang terlampau larut ya.

Buat yang sudah nggak sabar pengen menikmati es krim Toko Oen, silakan langsung saja ke Jalan Jenderal Basuki Rachmat No 5 Malang. Pastikan wisata kalian kali ini akan lebih istimewa dengan kuliner Malang jadul yang ngangenin ini. Happy vacation!

Leave a Comment