10 Kota Dermawan Indonesia di Masa Pandemi, Adakah Kotamu?

Pada tahun 2020, lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan sebuah survey yang unik. Yaitu untuk menemukan kota dermawan Indonesia di masa pandemi.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, survei ini dilakukan dengan melibatkan 437 kota dan kabupaten di seluruh wilayah nusantara. Beberapa elemen yang digunakan untuk mengolah data tersebut antara lain;

  • Keterlibatan jumlah donator
  • Jumlah donasi yang terkumpul
  • Jumlah relawan

Apakah pembaca inimalang.com yang budiman penasaran manakah kota-kota di Indonesia yang paling dermawan tersebut?

Daftar Kota Dermawan Indonesia di Masa Pandemi

Yuk, intip 10 kota yang dinobatkan sebagai kota dermawan Indonesia. Mana saja sih kota keren tersebut?

1. Jakarta Selatan

Angkat tangan nih yang anak Jaksel? Kalian patut berbangga diri nih karena ternyata salah satu kota administrasi di DKI Jakarta ini terpilih sebagai kota paling dermawan di Indonesia lo.

Nggak nyangka ya, kota yang lebih dikenal sebagai pusat nongkrong dan bisnis ini, mencatat sebuah data yang mencengangkan. Lewat survei yang dilakukan oleh ACT, diketahui bahwa ada 5523 pendonasi sepanjang tahun 2020.

Nggak main-main, jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp290 miliar! Wuih, clap hands nih buat anak-anak milenial Jaksel, kalian kereeen!

2. Jakarta Timur

Sepertinya nggak mau kalah sama kota tetangga, Jakarta Timur dengan jumlah penduduk mencapai 3 juta jiwa ini mampu mengumpulkan 26 miliar sepanjang pandemi.

Kota yang dikenal dengan fasilitas-fasilitas terbaik penunjang hiburan dan gaya hidup bagi warganya ini mencatat adanya donatur berjumlah 3725. Mantap jiwa kan, smart readers?

3. Tangerang Selatan

Kota ketiga yang termasuk dalam kota dermawan sepanjang pandemi adalah Tangerang Selatan (Tangsel). Pada tahun 2008 ketika wilayah ini diresmikan sebagai kota tersendiri, Tangsel berkembang secara signifikan.

Pembangunan di segala bidang dilakukan. Baik di bidang pariwisata, hiburan, dan juga gedung-gedung pemerintahan. Tak heran jika semakin banyak orang yang memilih menjadi warga Tangsel dengan fasilitas-fasilitas berkembang dan biaya hidup yang lebih terjangkau.

Kini, Tangsel makin ramai dengan pendatang yang berlomba-lomba mencari peruntungan di kota ini. Persaingan semakin sengit, tapi siapa nyana kalau ketulusan hati warganya membuat kota ini dianugerahi sebagai kota dermawan ketiga di Indonesia.

Data ACT menyimpulkan bahwa ada kurang lebih 3000 donatur selama pandemi. Donasi itu diamanahkan kepada ACT untuk membantu korban bencana, baik di dalam ataupun luar negeri.

Jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp 31 miliar. Luar biasa Tangsel, apa kamu salah satu warganya? Bangga dong pastinya jadi orang Tangsel?

4. Semarang

Pembaca budiman, apa yang kalian tahu tentang Semarang? Salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia ini bukan hanya tenar dengan lumpia sebagai kuliner khasnya lo.

Kota dengan penduduk berjumlah 2juta jiwa ini terkenal juga akan keramahan warganya. Kota Semarang yang memiliki warga dengan beragam budaya dan agama ini mampu membuktikan perbedaan bisa hidup secara berdampingan.

Keramahan dan kebaikan warga Semarang terbukti dengan terpilihnya kota ini sebagai salah satu wilayah paling dermawan di Indonesia. Tercatat ada 2666 donatur dengan jumlah donasi sebesar Rp 24 miliar. Angkat topi buat Semarang!

5. Medan

Selanjutnya kita akan bertolak ke ibu kota Sumatera Utara. Kota ini dikenal sebagai pusat ekonomi dan komersial. Kota yang nggak pernah tidur ini dihuni dengan beragam etnis.

Tak heran jika kekayaan kulinernya super beragam. Obyek wisatanya pun benar-benar luar biasa. Welcome to Medan, smart readers.

Tak hanya kekayaan alam dan budayanya, ternyata warganya pun super kaya hatinya. Dari survei yang dilakukan oleh ACT, telah terkumpul donasi sebear Rp 23,7 miliar dari kurang lebih 2300 donatur.

kota-kota di Indonesia paling dermawan tahun 2020

6. Depok

Dari Medan, kita terbang ke kotanya Ayu Ting Ting (ATT) nih. Yup, Depok! Meski sekarang lebih terkenal dengan kotanya si penyanyi dangdut bersuara emas tersebut, tahu nggak sih kalau Depok ini punya sejarah yang panjang.

Ternyata awalnya Depok memiliki kepanjangan yang unik lo. Di masa Belanda, Depok berarti De Eerste Protestantie Organisatie van Christenen. Atau kalau kita bahasakan ke Indonesia memiliki arti sebagai Organisasi Kristen Protestan Pertama.

Fyi, dulunya nih kotanya Mbak ATT ini dimiliki oleh seorang tuan tanah bernama Cornelis Chastelein. Nah, tuan tanah ini punya ratusan budak yang kemudian dimerdekakan. Budak-budak yang merdeka ini kemudian disebut sebagai Belanda-Depok.

Berkembang ke masa orde baru, Depok punya arti nama yang berbeda. Sering disebut sebagai Daerah Elit Perumahan Orang Kaya. Yup, dikenal sebagai tempat tinggalnya orang-orang yang konon punya duit tanpa no seri.

Namun ternyata nama itu ada benarnya juga sih. Selain dihuni warga yang punya banyak duit, orang-orangnya juga ternyata suka berbagi. Terbukti warga Depok mampu mengumpulkan donasi sebesar Rp 21,6 miliar sepanjang tahun 2020! Keren ya…

7. Yogyakarta

Kalau kota yang satu ini sih selalu pintar menarik hati. Baik itu dari segi kulinernya, tempat wisata atupun budayanya.

Yogya juga dikenal dengan kesantunan dan kesederhanaan warganya. Tak hanya itu ritme hidupnya yang santai dan tenang cenderung mampu bikin kangen orang yang mengunjunginya.

Dengan segala kesantunan dan keramahan warganya ini, tak heran jika kota bakpia pathok ini terpilih sebagai salah satu kota paling dermawan di Indonesia sepanjang pandemic.

Tercatat ada 2600 orang yang berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp 13,5 miliar! Hmm, gimana nggak jatuh hati sama Yogya kalau begini kan?

8. Padang

Bukan hanya terkenal karena makanan khasnya yang mendunia. Padang juga dikenal sebagai wilayah yang agamis dan cukup aktif dalam donasi kemanusiaan.

Dari data yang dikumpulkan oleh ACT, kota yang dikenal akan rendangnya ini mampu mengumpulkan lebih dari Rp 13 miliar sepanjang 2020.

Tak hanya itu, walikota Padang juga selalu aktif terlibat dalam program-program kemanusiaan yang diadakan oleh ACT. Pantas saja ya warganya rajin berderma, walikotanya langsung kasih teladan terbaik sih.

9. Bandung

Kalau soal seni, tren, model hits dan kuliner-kuliner enak, Bandung selalu jadi nomor satu. Bahkan banyak seniman Indonesia yang mengakui kalau Bandung ini penghasil penyanyi dan artis paling banyak di Indonesia.

Namun nggak cuma itu lo. Selama 2020, ada 2431 donatur yang aktif melibatkan diri dalam serangkaian acara kemanusiaan ACT. Donasi yang terkumpul dari para donatur ini mencapai Rp16 miliar.

Angka ini cukup fantastis karena ekonomi Bandung di saat pandemi menurun secara signifikan. Banyak tempat wisata dan kuliner yang tutup. Hebat ya masih tetap bisa menjaga kedermawanan di saat kehidupan sedang tak mudah. Salut buat kota peuyeum!

10. Bandar Lampung

Kota terakhir yang terpilih sebagai tempat paling dermawan di Indonesia adalah Bandar Lampung. Tak hanya moncer karena kuliner dan wisatanya yang beragam, kota ini juga mencatat prestasi kedermawanan yang oks banget.

Ada 2757 donatur yang mengumpulkan donasi sebesar Rp9,5 miliar sepanjang tahun 2020. Hebat!

Btw, nggak hanya 10 kota ini lo yang terpilih sebagai wilayah paling dermawan. Indonesia pun terpilih sebagai salah satu negara dermawan di dunia! Data ini sekaligus membuktikan bahwa kesulitan hidup tidak membuat orang jadi sulit berbagi.

Nah, sudah tahu kan mana saja yang terpilih sebagai kota dermawan Indonesia selama pandemi? Apakah salah satunya adalah kota para smart readers?

Leave a Comment