5 Kuliner Malang Batu Legendaris yang Wajib Kamu Coba

Kota yang terletak kurang lebih 90 kilometer dari Surabaya ini dikenal sebagai kota wisata. Salah satunya adalah wisata kuliner Malang Batu. Malang memiliki kuliner yang legendaris yang harus kamu cicipi saat mengunjungi kota dingin ini.

Apa Sajakah 5 Kuliner Malang Batu yang Legendaris?

Selain memuaskan rasa lapar, kamu juga bisa menikmati sensasi rasa makanan khas dari daerah Malang Batu yang legendaris. Berikut 5 daftar tempat wisata kuliner Malang Batu yang paling direkomendasikan:

1. Bakso President

Tahukah kamu kalau salah satu makanan khas Malang adalah bakso? So, nggak lengkap rasanya jika smart readers ke kota sejuk ini tanpa mencicipi bakso khas Malang.

Salah satu bakso legendaris di kota ini yaitu Bakso President. Berlokasi di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang. Warung makan yang satu ini sudah menjual bakso sejak 1977 lo. Wuih, lama banget ya?

Bakso President ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-12.00. Kisaran harga Bakso President ini mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000.

2. Hok Lay

Kuliner selanjutnya yang harus kamu coba di Malang yaitu depot legendaris bernama Depot Hok Lay. Tidak jauh dari alun-alun kota Malang, depot legendaris ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Sukoharjo, Kecamatan Klojen.

Kamu cukup berjalan kurang lebih sekitar 5 menit dari Alun-alun Kota Malang untuk mencapai tempat ini. Lumpia Semarang dengan sentuhan bumbu Malang yang unik dan Pangsit Cwiemi adalah dua hidangan yang patut kamu coba.

Untuk harga makanan, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 20.000-an. Sementara untuk menikmati minuman legendaris seperti Fosco, harganya berkisar dari Rp 13.000-an.

Depot ini buka setiap hari dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu pukul 09.30-13.30 WIB. Sesi buka kedua yaitu antara jam 17.00-20.30 WIB.

3. Toko Oen

Restoran legendaris ini sudah berdiri sejak zaman kolonial, tepatnya sekitar tahun 1920-an. Toko yang berlokasi di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang ini konon merupakan tempat nongkrong kaum bangsawan Belanda.

Toko Oen menyediakan varian es krim berbagai rasa. Mau rasa vanila, cokelat, sampai buah-buahan, semuanya ada. Tinggal mau pilih yang mana nih.

Harga per scoop sekitar Rp 25.000. Di sini kamu juga bisa menemukan makanan khas Nusantara seperti gado-gado dan sate ayam Lalu juga ada aneka steak, di antaranya beff tenderloin steak, chicken steak, galantine steak, dan masih banyak lagi.

4. Warung Sate Gebug 1920

Warung sate yang berlokasi di Jalan Basuki Rachmat No. 113A, Kota Malang ini telah berdiri sejak tahun 1920-an. Berbeda dengan sate pada umumnya, dalam pengolahan sate ini, daging sapi terlebih dahulu digebug kemudian direndam dengan bumbu rempah selama 2 hari.

Setelah itu ditusuk dan dibakar. Sate gebug ini biasa disajikan bersama nasi sop atau rawon. Rasa sate gebug di tempat ini memang punya rasa yang nikmat, dagingnya yang lembut dengan bumbu yang kaya rasa.

Mereka selalu menggunakan daging berkualitas terbaik, bagian sirloin. Sudah nggak sabar pengen mencicipi sate gebug? Cuzz, siap-siap untuk merogoh kocek sebesar Rp 25.000 sampai Rp 30.000. Nggak mahal kan?

5. Rawon Nguling

Tempat jual rawon yang legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1983. Lokasinya berada di sekitar Alun-alun Kota Malang. Tepatnya di Jalan Zainul Arifin Nomor 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen.

Untuk sepiring nasi rawon bisa kita dapatkan mulai dari Rp 30.000 per porsi. Jam buka dari restoran ini yaitu dari 07.00 sampai dengan 15.30 WIB.

Nah, sudah mulai ada bayangan mau mencicipi kuliner Malang Batu mana saja saat berkunjung ke kota dingin ini? Semoga bayangannya segera menjadi kenyataan ya! Happy vacation, smart readers.

Leave a Comment